MANAJEMEN SEKOLAH/MADRASAH
23. Sekolah/madrasah mengembangkan, menyosialisasikan, mengimplementasikan,
dan mengevaluasi visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
24. Kepala sekolah/madrasah menunjukkan kompetensi supervisi
akademik untuk membantu guru mewujudkan pembelajaran yang bermutu.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
25. Kepala sekolah/madrasah secara konsisten, partisipatif,
kolaboratif, transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga kependidikan, dan
siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengembangan
kegiatan/program sekolah/madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang
telah ditetapkan.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
26. Sekolah/madrasah membangun komunikasi dan interaksi
antara warga sekolah/madrasah (siswa, guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga
kependidikan), orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal
dan
eksternal sekolah/madrasah.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
27. Sekolah/madrasah melakukan pembiasaan; aman, tertib,
bersih, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah/madrasah yang kondusif.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
28. Sekolah/madrasah melibatkan orang tua siswa dan
masyarakat dari berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan program, serta kegiatan sekolah/madrasah.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
29. Sekolah/madrasah mengembangkan, mengimplementasikan, dan
mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan
efektif.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
30. Sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru dan tenaga
kependidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen,
seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan
penghargaan/sanksi.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
32. Sekolah/madrasah mengelola anggaran pendapatan dan
belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
33. Sekolah/madrasah menyelenggarakan pembinaan kegiatan
kesiswaan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
34. Sekolah/madrasah memberikan layanan bimbingan dan
konseling siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan
karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi.
Level
Observasi
Telaah Dokumen
35. Sekolah/madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu Internal
Sekolah/Madrasah setiap tahun terkait pencapaian standar nasional pendidikan,
yang meliputi kegiatan: pelaksanaan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDS/M),
penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) yang merujuk
pada rapor mutu.
Level
Observasi
Telaah Dokumen

Komentar
Posting Komentar